Ketiak Punya Cerita

deodorantSiapa hari ini yang tidak memakai deodorant? Sesuatu yang dioleskan di celah diantara pangkal tangan dengan bagian sisi dada alias ketiak. Motif kesehatan, gaya hidup, atau kosmetik menjadi sebuah alasan bagaimana deodorant digunakan oleh manusia (tidak menyeluruh) setiap hari. Namun,  darimana asalnya Deodorant? Siapa yang menggagas?

Deodorant pertama kali ditemukan pada abad ke 9 di Andalusia oleh Abu Hasan Ali bin An Nafi atau yang dikenal dengan Ziryab. Deodorant yang ditemukan oleh Ziryab bentuknya mirip dengan yang ada padasaat ini. Terdapat roll pengoles krim untuk ketiak dan pegangannya.

Mengapa bisa komersial? Pada tahun 1888 Seorang ilmuwan Amerika (saya belum tahu namanya) mengembangkan deodorant ini menjadi barang komersil dan dapat diperjual belikan. Barulah, pada tahun 1965 seseorang yang bernama Jules Montenier mematenkan konsep serupa dan semakin memperluas sisi komersialitas dari deodorant ini.

*RH

Iklan

Diterbitkan oleh

Riyan Hidayat

Alumni Fakultas IlmuPengetahuan Budaya Universitas Indonesia | Peminat Kronik dan Peristiwa yang telah Lalu | Belajar Kosa Kata Bahasa Arab lewat "Serinting Bahasa Arab"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s