Apalah Arti Sebuah Nama?

AASNSore ini berkesempatan untuk berkeliling di daerah rumah sendiri, yaitu Condet. Biasa saja memang, tak ada yang istimewa. Tapi, hal-hal yang unik bisa muncul dimana saja kan? termasuk di tempat-tempat yang biasa kita kunjung. Begitupun dengan saya.

“Apalah arti Sebuah Nama?”

Ya sebenarnya jalan sore kali ini niatnya mau cari sesuatu di daerah Kampung Gedong. Tapi cari dicari ternyata tidak ada yang buka tokonya. Tapi, ditengah jalan yang cukup lancar-lancar saja, saya sedikit berpaling ke sebelah kiri dan kanan karena tertarik dengan nama toko- toko yang tutup. Kenapa? mungkin ada sedikit ketertarikan dengan nama-nama itu. Kata orang, “Setiap nama punya makna dan maksud.”

1. Ikhtiar

Terpampang di sebelah kiri jalan raya tengah (arah Batu ampar), tepatnya beberapa meter dai jl. batu alam. Nama ini teridentifikasi sebagai nama yang menunjukka sebuah toko listrik, atau maksud saya toko yang menyediakan peralatan-peralatan listrik. Kenapa dinamakan ikhtiar? saya tidak tahu apa yang dipikirkan oleh si empunya toko dengan penamaan itu. Tapi mari kita membuat persepsi.

Kata ikhtiar dipersepsikan oleh orang indonesia bermakna usaha. Kalau kata orang tua dulu, kalau mau sukses kuncinya ada tiga hal, yaitu ; ikhtiar, berdoa, dan tawakal. Mungkin si empunya toko ingin menunjukkan bahwa “ini kita ikhtiar lho”. Begitu sih kayaknya, karena doa dan tawakal kan adanya disini (*nunjuk dada sendiri)

2. Pahala

Apa yang kita tahu tentang pahala? balasan? yang baik? yang dikasih Allah buat orang baik? yak kurang lebih begitu ya. Tapi pahala kali ini lain saudara-saudara. Kata ini terpampang di depan seorang rakyat Indonesia di Jalan Raya Inpres sebelah kiri arah komseko. Sebuah nama perusahaan jasa pengiriman barang atau semacamnya (Semoga tidak salah). Si empunya mau apa dengan nama ini? Saya juga tidak tahu. hehe. Tapi, mari kita persepsikan sendiri.

Kalau menurut saya, si empunya toko ingin sekali setiap jalan hidupnya selalu menghasilkan kebaikan, terlebih jika dinamakan pahala. “Ketika hidup hanya utuk mencari harta, takutnya pahala kelupaan”. mungkin kira-kira begitu.

3. Pantas

“Siapa yang pantas jadi istri kamu?”, “Aku yang pantas jadi pewaris harta papa”, “Dia tak pantas jadi selingkuhanmu”, “Mimin nggak pantas buat kamu, dia playgirl”. Mungkin sedikit ilustrasi dari beberapa judul sinetron.

Jadi, sudah bisa menyimpulkan apa itu Pantas?. Ya kalau secara “Radikal” kita bisa bilang cocok atau sesuai atau akur atau juga “Kelop”. mungkin bisa seperti itu. Tapi tahukah anda bahwa ini adalah sebuah nama dari barbershop sederhana di Jalan Raya Inpres, dekat parit yang melintasi Seantero Condet. Apa hubungannya Pantas dengan barbershop? Iya benar! ini tentang gaya rambut dengan kecocokan, “kelop” gitu.

Apa maksud Tukang Barbershop ini menamakannya dengan “Pantas”? Saya juga nggak tahu. Tapi mari kita lihat, bahwa mungkin saja ia sepertinya punya filosofi tinggi sepertinya menjadi standar dalam pemotongan rambut yang dilakukan setiap harinya. “Tak ada yang tak pantas jika sudah keluar dari sini, yang jelek tiba-tiba ganteng, yang ganteng nambah keren. Langsung cocok, akur dengan dunia”. Bisa gitu kali ya

Demikian resume perjalanan ini, ditulis dengan sistematika iseng dan tak terstruktur. Tak ada maksud buruk melainkan “Mari bersama kita coba untuk tidak melupakan hal positif dalam melihat sesuatu”

10 Agustus – @RiyanHide

Iklan

Diterbitkan oleh

Riyan Hidayat

Alumni Fakultas IlmuPengetahuan Budaya Universitas Indonesia | Peminat Kronik dan Peristiwa yang telah Lalu | Belajar Kosa Kata Bahasa Arab lewat "Serinting Bahasa Arab"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s