Menara Jam Yaffa

Menara Jam Yaffa

Menara Jam ini didirikan pada masa Sultan Abdul Hamid II, Pada Dinasti Utsmaniyah Tahun 1900 M di Kota Yaffa, Palestina. Menara jam ini adalah salah satu saksi bisu atas sejarah pendudukan Zionis Israel atas Palestina.

Kota Yaffa

Kota Yaffa diduduki oleh Israel pada 13 Mei 1948 oleh 5000 pasukan Haganah dan IZL yang terlatih milik Zionis Israel. Haganah dan IZL harus terlebih dahulu melawan pasukan yang dipimpin oleh Abdul Nijim Ad Din dan Michael Issa (Seorang Kristen Palestina) sebelum benar-benar menaklukkannya. Pasukan yang dipimpin Ad Din dan Isa terdiri dari banyak relawan, yaitu muslim Yugoslavia, Muslim Italia, Muslim Jerman dan Muslim Palestina yang secara keseluruhan berjumlah 1500 pasukan. Zionis melakukan pengrusakan dan berbuat zalim terhadap 75% daerah Yaffa. Mereka juga melakukan genosida terhadap populasi Yaffa. Sejumlah 70.000 Warga Yaffa, hanya 3650 orang yang dibiarkan hidup dan tinggal di Al Ajami dalam suasana pengekangan.

Kini, Kota Yaffa (atau yang sekarang dinamakan Yafo oleh Zionis) masuk ke daerah Tel Aviv, Israel. Tidak ada lagi pelabuhan Yaffa, yang dulu sibuk dengan aktiviasnya. Kini Pelabuhan tersebut tergantikan fungsinya oleh pelabuhan Ashdod. Tidak ada lagi terdengar adanya masjid Tabyeh, Masjid Hasan Basha, Al Kabir dan Ad Dabagh, hanya Al Bahr yang masih tersisa dan terlihat di situs google maps, walau masih dipertanyakan apakah sesuai fungsinya di tanah kaum zionis tersebut. Tidak ada lagi nama jalan yang bernuansa Arab, berganti menjadi Jalan benada Israel. Penghapusan sejarah keberadaan kaum palestina disitu terlihat sangat marak, yang ada hanya penyebutan “Pahlawan pembebasan Tanah kebebasan” dan pernyataan sejarah di buku sejarah anak-anak zionis yang berbunyi “Arab Barbar menyerang lingkungan Yafo kami”.

Photo Source : http://www.britishforcesinpalestine.org/duties/greenfield_JaffaclockL.jpg

Inspirated by : http://www.palestineremembered.com/Jaffa/Jaffa/

Iklan

Diterbitkan oleh

Riyan Hidayat

Alumni Fakultas IlmuPengetahuan Budaya Universitas Indonesia | Peminat Kronik dan Peristiwa yang telah Lalu | Belajar Kosa Kata Bahasa Arab lewat "Serinting Bahasa Arab"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s