California (The Golden State)

California adalah salah satu negara bagian di Amerika Serikat yang secara resmi menjadi negara bagian ke-31 Amerika Serikat pad tahun 1850. Negara bagian ini memiliki kota-kota besar Amerika Serikat Seperti Los Angeles, San Diego, dan San Fransisco.

Nama California

Nama California terinspirasi dari novel fantasi hasil karya Garci Rodríguez de Montalvo yang berjudul “Las Sergas de Esplandián” yang dibuat pada tahun 1510. Montalivo menyebut bahwa ada sebuah pulau yang sangat indah, seperti surga yang ada di dunia ini.
California merupakan bagian dari setting novel Montalvo yang yang berarti “tanah Califia”.
Califia sendiri adalah tokoh yang berada dalam novel “Las Sergas de Esplandián” yang memiliki karakter sangat keras dan berjuang seperti seorang petarung lelaki walapun ia adalah seorang perempuan. Fransisco de Ulloa adalah orang pertama yang menyebut tanah ini sebagai California pada tahun 1533 ketika Spanyol datang ke tanah Amerika.

disisi lain, Nama California terambil dari kata “Califa” yang berupakan pengucapan orang-orang Spanyol untuk kata “Khalifah” dalam bahasa Arab.

Montalivo, seorang Spanyol yang menulis “Las Sergas de Esplandián” berusaha untuk membuat karakter Califa menjadi karakter yang seripa dengan karakter “Khalifah”.

Iklan

Diterbitkan oleh

Riyan Hidayat

Alumni Fakultas IlmuPengetahuan Budaya Universitas Indonesia | Peminat Kronik dan Peristiwa yang telah Lalu | Belajar Kosa Kata Bahasa Arab lewat "Serinting Bahasa Arab"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s