Malangnya Anak Kecil Sekarang

Tetes air mata dan jeritan dalam jiwa harusnya sudah terllihat sekarang ini dari seorang atau manusia yang sangat peduli dan khawatir dengan anaknya. Anaknya yang diharapkan tumbuh dengan wajar dan mempelajari sesuatu sesuai dengan tempatnya kini mulai terusik oleh penetrasi tajam dari berbagai arah. Merasuki otak-otak pemuda yang masih polos dan meracuninya dengan secerca kebiasaan yang sia-sia yang akhirnya menjadi terbiasa. kekonkritan menjadi acuan wacana ini untuk dibahas dan yang diutarakan hanyalah seutas pertanyaan – pertanyaan yang akan menguak ini semua.

Hal pertama yang paling mudah adalah, apa sih yang mereka nyanyikan sekarang? pernahkah wahai sahabat pembaca mendengar mereka menyanyikan lagu “pelangi”? atau yang fenomenal “tikus makan sabun”?. Kini yang kita dengar mereka menyanyikan “Salah Alamat”, atau lagu-lagu band/group band yang liriknya terkesan melemahkan diri dan menuhankan orang lain. “men, apa yang kaya gini dibilang wajar?”

Pertanyaan selanjutnya, apa sih yang mereka mainkan sekarang? pernahkah melihat mereka main petak umpet? atau tak jongkok? atau “maen bete”? kini yang kita dengar hanyalah. “Bu maen ke warnet dulu yah, bagi duit dong!”, “bu bagi duit dong mao maen PS di rumah pak bambang.” “COooyy, anak kecil maen warnet yang notabene punya dampak negatif juga.”

Hal yang dipaparkan diatas hanyalah sebagian kasus yang terjadi. Sungguh ini mungkin sudah sangat memedihkan mengingat tanah tempat kita berdiri, tanah tempat bangsa Indonesia memiliki harapan memerlukan banyak generasi penerus yang mengerti akan kondisi bangsanya dan bermental baja untuk mengembalikan/memperbaiki berbagai macam hal yang selama ini dianggap salah. Tapi, ini bukan semata-mata salah mereka sebagai anak kecil, namun ada pihak tertentu yang seharusnya bertanggung jawab dalam filterisasi dan proteksasi baik rohani atau jasmani mereka. Semoga dalam hal ini pihak tertentu bisa lebih sadar dan aware akan bahaya penetrasi asing walau hanya sekedar tontonan 30 menit.

 

*salam senyum polos anak kecil. 😀

Iklan

Diterbitkan oleh

Riyan Hidayat

Alumni Fakultas IlmuPengetahuan Budaya Universitas Indonesia | Peminat Kronik dan Peristiwa yang telah Lalu | Belajar Kosa Kata Bahasa Arab lewat "Serinting Bahasa Arab"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s