Eksotika Setu Babakan; Harta Karun di Sudut Jakarta

Jakarta atau bisa saya sebut wilayah pribumi orang betawi, memiliki khazanah dan budaya yag luar biasa. Bagai emas yang bertebaran dimana-mana, bagai bintang yang kasat mata yang terlihat di malam cerah, atau bahkan bagai lautan dirham didepan rumah. Kebudayaan betawi kaya akan nilai dan ciri khas. Namun, lambat laun khazanah yang penuh umpama ini mulai tergerus arus globalisasi yang mengkampanyekan kebudayaan yang bersifat homogen. Semua manusia tak terkecuali warga betawi mengalami pengaruh fanatisme yang tinggi pada budaya barat yang katanye lebih ngetren, atau lebih gaol mungkin. Tapi, ternyata dibalik kegelapan masih ada setitik cahaya yang tampak, ia adalah kawasan cagar budaya Setu Babakan. Kawasan cagar budaya yang mempertontonkan berbagai khazanah betawi dalam geraknya di “kekakuan gerak” budaya betawi saat ini. Setu Babakan terletak di daerah kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.


Kawasan ini diresmikan sebagai kawasan perkampungan sekaligus cagar budaya betawi pada tahun 2004 oleh Gubernur saat itu, Bapak Sutiyoso. Sebelum peresmian ini, sebetulnya sudah ada persiapan-persiapan terlebih dulu untuk memperkuat wilayah ini, sampai hingga dirasa cukup dan dapat diresmikan. Perkampungan Setu Babakan pernah menjadi salah satu tempat yang dipilih oleh  Pacifik Asia Travel Association (PATA) sebagai tempat kunjungan wisata bagi peserta konferensi PATA di Jakarta pada Oktober 2002. Kawasan ini memiliki luas sekitar 165 hektar dan terdapat diapit  dua danau yang diduduki oleh 3000 KK atau lebih yang sebagian besar ‘orang’  betawi asli yang secara turun temurun tinggal disitu dan sebagian kecil para pendatang yang sudah menetap selama puluhan tahun.

 

Cagar budaya ini menyuguhkan berbagai hal – hal menarik dan unik.. Mulai dari Lingkungannya, Alamnya, Suguhan budayanya, dan hal lainnya yang mungkin dirindukan oleh pencinta dunia betawi. Berikut beberapa keunikan;

  • Kawasan Cagar budaya ini memiliki bentang alam yang asri dan masih memiliki banyak pohon dan rindang. Jadi, cadangan oksigen tidak akan terasa kurang disini dan terasa adeeeemmm bangeet. Disana juga terdapat dua situ atau danau yang bernama situ mangga bolong dan situ babakan yang sangat indah dipandang.
  • Kawasan ini juga menyujuhkan pertunjukan-pertunjukan seni budaya betawi sepert; marawis, hadroh, tarian-tarian betawi, gambang kromong, lenong dan seni budaya betawi lainnya.
  • Kawasan ini menyediakan jajanan-jajanan khas betawi seperti kerak telor, soto betawi, bir pletok dan makanan khas lainnya.

Mungkin, itu sekilas dari sekian banyak informasi tentang harta karun di sudut Jakarta. kalau mau tahu lebih lanjut, kunjungi tempatnya.

Cara menuju lokasi ;

  • Dari Terminal Pasar Minggu, naik Kopaja No. 616 jurusan Blok M menuju Cimpedak, turun di depan pintu gerbang perkampungan Setu Babakan.
  • Menggunakan taksi dari Terminal Depok perkampungan Setu Babakan.
  • Dari Terminal Depok naik Metromini 616 jurusan Blok M-Pasar Minggu-Cimpedak atau naik angkutan umum bernomor 128, kemudian turun di depan pintu gerbang perkampungan Setu Babakan.

Sekian

about Setu Babakan:

 

 

*berbagai sumber

Iklan

Diterbitkan oleh

Riyan Hidayat

Alumni Fakultas IlmuPengetahuan Budaya Universitas Indonesia | Peminat Kronik dan Peristiwa yang telah Lalu | Belajar Kosa Kata Bahasa Arab lewat "Serinting Bahasa Arab"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s