Malu Sebagai Tuan Rumah; Part.2

Sistem drainase yang buruk juga juga mendukung usaha gedung tinggi yang sengaja menghisap habis segala sumber daya air tanah jakarta untuk meluluh lantakkan bumi Jakarta ini. Seharusnya menurut beberapa sumber, menurut  Guru Besar di Departemen Geofisika dan Meteorologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor Hidayat Pawitan dalam diskusi di IPB, Bogor, mengatakan  bahwa wilayah Jakarta yang luasnya hampir 650.000 hektar membutuhkan sekitar 6500 waduk yang tentu saja alokasiannya masing -masing 1 waduk untuk 100 hektar.  Banjir Kanal Barat dan Timur terlihat hari ini justru hanya menjadi Sarang sampah dan tetap saja seperti itu tak dapat mengurangi atau bahkan memberhentikan potensi banjir yang ada.

Masalah lingkungan yang selanjutnya adalah polusi. Polusi merupakan kata yang tak asing bagi kita semua penduduk Jakarta yang masih bisa menghirup oksigen dan menggunakan sumber daya udara lainnya. Tapi, apa yang terjadi hari ini? mulai dari asap rokok, tabunan, asap kendaraan bertenaga besi, hingga pembuangan dari ‘Usus’ pabrik  secara tidak langsung menjadi tersangka bagi hal ini. Mulai dari asap rokok, berapa ribu atau lebih mengambil korek dan menghisap rokok setiap harinya?. Lalu, berapa banyak kendaraan yang lewat atau mengelilingi Jakarta setiap harinya? setiap hari jutaan kendaraan memasuki Jakarta. Berapa banyak senyawa hasil pembakaran kendaraan bermotor?. padahal ini semua secara langsung menjadi faktor keburukan  kesehatan akibat polusi , dan sebagainya hingga beriringan dengan masalah lain.

ini menjadi sangat buruk manakala didukung oleh faktor lainnya, misal karena terlalu banyak kendaraan bermototr menyebabkan bahan bakar yang digunakan setiap harinya semakin terakumulasi dan berjumlah sangat banyak. apalagi ditambah dengan kemacetan yang bisa membuat bahan bakar yang digunakan akan semakin banyak dan banyak dan akan menghasilkan pembakaran bahan bakar fosil yang lebih banyak lagi . sungguh Ironis.

sekian

 

Coming soon Part3

Iklan

Diterbitkan oleh

Riyan Hidayat

Alumni Fakultas IlmuPengetahuan Budaya Universitas Indonesia | Peminat Kronik dan Peristiwa yang telah Lalu | Belajar Kosa Kata Bahasa Arab lewat "Serinting Bahasa Arab"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s